Ada beberapa hal yang menjadi ciri sekaligus gaya dalam penulisan surat resmi. Hal ini karena dari namanya yaitu “surat resmi” maka penulisannyapun harus memenuhi tata cara yang sesuai dengan ketentuan. Mungkin untuk membuatnya, anda sedikit bingung jika tidak secara langsung melihat contoh surat resmi ini.

https://www.suratresmi.net/

Mempelajari terlebih dulu contoh surat resmi ini akan memudahkan anda dalam proses pembuatannya karena terlihat secara gamblang dan jelas. Secara garis besar, ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan dalam pembuatan surat resmi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kop surat

Surat resmi harus memiliki kop surat sebagai informasi awal tentang siapa pengirim dan dari mana surat ini berasal. Adanya kop semakin mempertegas jika surat ini adalah surat yang resmi. Bagian-bagian kop meliputi logo, nama instansi, alamat lengkap, email atau nomor kontak dan kode pos.

  1. Nomor surat

Nomor surat akan digunakan untuk pengarsipan yang dilakukan oleh pihak penerima nantinya. Tiap instansi memiliki hak menentukan sendiri nomor suratnya masing-masing.

  1. Tempat dan tanggal dibuatnya surat

Tujuan atas penulisan tempat serta tanggal dibuatnya surat tersebut secara resmi adalah untuk memberikan informasi pada penerima tentang kapan dan dimana dibuatnya surat tersebut.

  1. Lampiran

Lampiran memuat tentang informasi akan jumlah jenis dokumen lain yang telah dilampirkan di surat resmi ini. Biasanya, lampiran ini adalah berupa dokumen pelengkap informasi yang dimuat dalam surat.

  1. Perihal

Perihal merupakan bagian dari surat resmi yang memberikan keterangan tentang inti atau tujuan yang dimuat dalam surat itu. Penerima bisa mengetahui apa tujuan pengirim dari bagian perihal ini.

  1. Alamat tujuan

Bagian penting ini diisi sebagai informasi atas pada siapa surat ini ditujukan.

  1. Salam pembuka

Berfungsi sebagai pembuka sebelum masuk ke bagian isi.

  1. Isi

Inti dari dikirimnya surat sebagai maksud tujuannya.

  1. Salam penutup

Berfungsi mengakhiri surat.

  1. Tanda tangan dan nama terang pembuat

Diisi oleh penanggungjawab lengkap dengan nama terang dan tanda tangannya.

  1. Tembusan

Inilah bagian terakhir yang isinya informasi tentang instansi mana atau siapa saja yang berkepentingan mengetahui isi surat itu.

Bagian-bagian yang perlu disematkan dalam pembuatan surat resmi diatas dapat dijadikan panduan saat anda akan membuat surat resmi. Jangan lupa, lihat contoh surat resmi juga agar lebih mudah dan tidak bingung.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *